Dua Warganya Positif Corona, Pemko Banda Aceh Sepakat Lockdown Lokal

TEMPIAS.ID | Banda Aceh – Ketua DPRK Banda Aceh, Farid Nyak Umar menggelar pertemuan mendadak dengan Walikota Banda Aceh, Aminullah Usman pada Jumat (27/3) malam.

Dalam pertemuan tersebut, keduanya membicarakan berbagai isu kekinian terkait pendemi virus corona atau covid-19 di kota Banda Aceh. Ini dikarenakan dua warga kota Banda Aceh dinyatakan positif terjangkit corona. Selain itu, puluhan pasien lainnya kini sudah berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP).

Ada beberapa poin penting yang menjadi rekomendasi  bagi warga kota Banda Aceh. Poin pertama, pemerintah Kota Banda Aceh sepakat memberlakukan partial lockdown. Partial lockdown atau lockdown lokal diterapkan di kawasan domisili pasien yang terpapar Covid-19 dan lokasi  yang sudah terdata ODP. Poin kedua adalah, Walikota Banda Aceh akan segera menyurati Pemerintah Aceh agar mengusulkan lockdown lokal.

Poin ketiga, Pemko Banda Aceh meminta kepada Pemerintah Aceh untuk menutup Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) untuk sementara waktu.  Pasalnya, setiap harinya ada puluhan atau ratusan penumpang yang datang dari Jakarta sebagai zona merah suspek Covid-19.

“Artinya setiap hari ada puluhan atau mungkin ratusan ODP akan masuk ke Kota Banda Aceh atau menyebar ke seluruh Aceh,” kata Ketua DPRK Banda Aceh, Farid Nyak Umar.

Selain itu, Pemko Banda Aceh juga meminta agar seluruh terminal Type A Batoh segera ditutup. Begitu juga setiap bus angkutan barang akan diperiksa secara ketat oleh pihak keamanan.  Selanjutnya, pelabuhan Ulee Lheue harus diperketat pengawasannya, terutama untuk orang asing.

“Poin penting lainnya adalah hindari pusat keramaian seperti nongkrong di warkop atau cafe. Pihak keamanan juga melakukan persuasif untuk mengajak pemilik cafe atau warkop agar ditutup. Selanjutnya, tim aparatur gampong segera membentuk tim siaga Covid-19 dengan memberlakukan pageu gampong. Begitu juga soal ketersediaan sembako di masyarakat harus benar-benar dijaga dengan baik,” kata Farid Nyak Umar. []

Must Read

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here