Beranda News Peupok Gaseng, Permainan Trasional Yang Tergerus Zaman

[Foto] Peupok Gaseng, Permainan Trasional Yang Tergerus Zaman

- Advertisement -

TEMPIAS.ID | Aceh Selatan – Di tengah gemerlapnya permainan modern, permainan tradisional kian meredup. Salah satunya adalah permainan tradisional gasing. Padahal, permainan asal etnis Melayu ini pernah menjadi idola di masa. Gasing pernah menjadi idola dan banyak digemari oleh beragam kalangan.

Gasing berasal dari dua suku kaya, yakni Gang yang bermakna lorong dan Sing yang bermakna suara. Secara sederhana dapat diterjemahkan adalah, sebuah permaian yang dimainkan di sebuah lokasi atau lorong kosong serta mengeluarkan bunyi.

Di provinsi Aceh, permainan gasing merupakan suatu kebudayaan yang sangat digemari. Permainan gasing ini sudah digeluti masyarakat Aceh sejak 150 tahun lalu. Sejak kolonialis Belanda melakukan ekspansinya ke nusantara, gasing sudah ngetrend di kalangan warga. Bahkan sudah diperlombakan menjadi ajang tahunan, khususnya gasing putar. Permainan gasing sendiri dilakukan satu lawan satu atau berkelompok. Jika gasingnya lama berputar, maka si pemilik gasing tersebut akan menjadi pemenangnya.

Berikut ini foto-foto permainan gasing yang diabadikan Syafrizal saat mudik ke kampung halamannya di Desa Krueng Batee, Kecamatan Kluet Utara, Aceh Selatan :

- Advertisement -
- Advertisement -

Stay Connected

16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan

Must Read

- Advertisement -

Related News

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here