Hagia Sophia Larang Masuk Pengunjung Baju Terbuka dan Celana Pendek

TEMPIAS.ID | ISTANBUL — Seiring dengan digunakannya hagia sophia yang pada bulan lalu menjadi masjid kembali, aturan mengunjungi tempat tersebut pun berubah. Turki kini pun telah memperkenalkan aturan atau kode berpakaian baru untuk mengunjungi Hagia Sophia Istanbul.

Menurut kode baru tersebut, pengunjung harus mengenakan kerudung untuk mengunjungi situs abad keenam tersebut. Selain itu masuk ke dalam gedung dengan memakai celana pendek atau pakaian yang “terbuka” dilarang.

Setelah kode diperkenalkan, pihak berwenang mulai membagikan perlengkapan dan jilbab di depan Hagia Sophia. Dengan demikian masuk Hagia Sophia kini berubah tak sebebas dahulu lagi. Kini tempat itu, meski tetap terbuka untuk dikunjungi semua orang dengan berbagai kepercayaan, para pengunjung harus sadar bahwa Hagia Sophia kini adalah sebuah masjid atau bukan sekedar museum belaka.

Dan publik dunia pun tahu, aturan baru kode berpakaian dengan memakai kerudung, tak boleh memakai celana pendek serta baju terbuka sebagai imbas dari keputusan Presiden Recep Tayyip Erdo─čan, pada akhir Juli silam. Dia menyatakan monumen itu sebagai masjid menyusul putusan pengadilan yang mencabut statusnya sebagai museum. []

Sumber : REPUBLIKA

Tinggalkan komentar