Haul ke-10 Wali Tgk Hasan Muhammad di Tiro, Fahlevi Kirani : Beliau Negarawan Sejati

TEMPIAS.ID | Banda Aceh – “Allahyarham wali adalah visioner sejati, artinya ideologinya bukan sebatas harakah (pergerakan). Semangat dan ideologi ke-Acehannya mampu membuka kembali mata rakyat Aceh”.

Begitulah sepenggal kalimat yang disampaikan M. Rizal Fahlevi ketika mengawali obrolan santai dengan TEMPIAS.ID di Banda Aceh, Jumat (5/6).

Kalimat disampaikan politisi PNA ini haul ke-10 deklarator GAM, Allahyarham Tgk Hasan Muhammad di Tiro.

Baca : Hari Ini 10 Tahun Deklarator GAM Meninggal Dunia

Ketua Komisi V DPRA ini mengatakan, peringatan haul wali negara tersebut tidak hanya sebatas peringatan seremonial saja. Namun juga harus dijadikan sebagai penyemangat dalam memperjuangkan cita-cita almarhum terhadap Aceh.

“Masyarakat Aceh tidak boleh melupakan jasa-jasa beliau. Allahyarham Tgk Hasan Muhammad di Tiro semasa hidupnya sangat berkontribusi besar terhadap perjuangan bangsa Aceh. Sehingga Aceh menjadi negeri berdaulat dan bermartabat di mata dunia,” kata M. Rizal Fahlevi Kirani.

Baca : Mualem Ajak Masyarakat Aceh Kenang Jasa Hasan Tiro

Ia menjelaskan, almarhum merupakan tokoh intelektual besar yang dimiliki oleh rakyat Aceh. Atas jasanya itulah, identitas dan marwah “ureueng Aceh” kembali menemukan jati dirinya sebagai bangsa yang berdaulat dan bermartabat. Baginya, almarhum bukan hanya negarawan sejati, semangat dan kecerdasannya mencerminkan sosok berpendirian teguh dan sangat peduli terhadap persoalan Aceh.

“Harus kita ketahui bahwa Allahyarham sanggup menyakinkan semua kalangan rakyat Aceh, bahkan kaum intelektual tentang persoalan Aceh. Sebagai anak ideologinya, kita sebagai orang Aceh wajib mengetahui biografi dan sejarah perjalanan wali,” kata Fahlevi Kirani.

Baca : Singeh Tapeutaloe Awaknyan !

Mantan aktivis Sentral Informasi Referendum Aceh (SIRA) menambahkan, almarhum wali adalah sosok perekat semua elemen masyarakat. Hal ini dibuktikan dengan kemampuan intelektualnya mampu membangkitkan kembali ruh perjuangan rakyat Aceh.

“Wali adalah sosok yang kembali mengembalikan identitas kita dari krisis identitas. Ini menjadi PR kita bagaimana melanjutkan kembali cita-cita almarhum,” katanya lagi. []

Must Read

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here