Kim Jong Un Dikabarkan Meninggal Dunia?

TEMPIAS.ID | Pyongyang – Kabar meninggalnya pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un  masih simpang siur. Belakangan ini, kondisinya jadi sorotan dunia.

Kim Jong Un ini dikabarkan dalam kondisi kritis usai melakukan operasi kardiovaskular. Kabar ini mencuat setelah dirinya tak hadir atau absen di Hari Ulang Tahun mendiang kakeknya sekaligus pendiri Korea Utara, Kim II Sung.

Dilansir dari Kompas.com (26/4/2020), Pakar Semenanjung Korea Jang Sung-Min meyakini Kim Jong Un meninggal dunia.

Wakil direktur kanal Hong Kong Satellite TV mengklaim bahwa Kim Jong Un meninggal, yang kemudian diperkuat keterangan pakar Semenanjung Korea, Jang Sung-min.

Dilansir IBTimes Sabtu (25/4), Chairman The World and Northeast Asia Peace Forum itu menyiratkan kepercayaan bahwa kabar itu benar.

Dikabarkan media bernama Kuki News, Jang mengutip ucapan sumber bahwa pemimpin yang berkuasa sejak 2011 itu berada dalam kondisi serius.

“Kondisi kesehatan Kim Jong Un sangat serius. Kemudian pada pagi ini, pemerintah Korut menyimpulkan mustahil bagi mereka menyelamatkannya,” kata Jang. Baca juga: Jika Kim Jong Un Meninggal, Inilah Urutan Kandidat Penggantinya Jang menerangkan, si sumber itu sempat ditanya apakah dia bersedia untuk memastikan apakah Kim sudah tiada ataukah masih hidup.

Sumber itu kemudian tidak menjawab pertanyaan itu dan menghindari memberi jawaban langsung. “Hanya itu yang perlu Anda ketahui,” kata si sumber. Berbekal ucapan si informan, Jang kemudian menginterpretasi bahwa Pyongyang telah mengakui adanya desaa desus mengenai kondisi si pemimpin tertinggi.

“Kami harus membagi risiko soal kabar kematiannya, dan bersiap dengan segala tindakan jika informasi itu benar adanya,’ ucap Jang. Dia menambahkan, sebelum Kim tampil lagi di depan publik untuk membuktikan dia masih hidup, dia akan mempertimbangkan yang bersangkutan sudah wafat.

Di Twitter pun pada Minggu, 26 April 2020 pagi hashtag #KIMJONGUNDEAD pun menjadi trending topic. [ ]

Sumber : Kompas

Must Read

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here