Mimik Haru Abu Salam Kepada Haji Uma

TEMPIAS.ID | Aceh Utara – Wajah Abdullah Salam (50) terlihat sumringah tatkala senator Aceh, Sudirman alias Haji Uma menyapanya, Jumat (1/5) lalu. Pasalnya, pria berusia setengah abad ini sudah lama terbaring di rumahnya di Gampong Blang Andam, Kecamatan Madat, Aceh Timur. Semasa konflik, pria yang akrab disapa Abu Salam ini merupakan kombatan Gerakan Aceh Merdeka (GAM). Kini, badannya tidak sekekar dulu, berat badannya pun sudah mulai turun.

Hampir dua tahun, Abu Salam mengalami sakit lumpuh sehingga sudah tidak bisa berjalan lagi.

“Berdasarkan pengakuan pihak keluarganya, Abu Salam memiliki riwayat darah tinggi, sehingga terkena stroke dan lumpuh,” kata anggota DPD RI, Sudirman alias Haji Uma kepada TEMPIAS.ID, Senin (4/5).

Senator Aceh yang melenjit namanya lewat film komedi Eumpang Breueh ini mengatakan, selama istrinya meninggal, Abu Salam dirawat secara bergantian oleh adik-adiknya. Mereka terpaksa merawatnya karena sudah tak ada yang mengurusnya.
“Selama dua tahun, Abu Salam dirawat segera bergantian. Lagipula, Abu Salam pun tidak punya rumah,” kata Haji Uma.
Dalam kunjungan tersebut, Haji Uma didampingi Safrizal alais Tauke Dan, seorang pengusaha Lhokseumawe dan Hamdani alias Matnu. Menurut keterangan pihak keluarga, Abu Salam menghabiskan aktivitasnya seharian dengan berbaring di rumah.
Ia berharap agar ada bantuan kursi roda untuknya agar bisa bergerak.

“Alhamudlillah hari ini apa yang diimpikan Abu Salam terwujud. Kita sudah menyerahkan satu unit kursi roda untuk Abu Salam,” kata Haji Uma.

Senator Aceh ini mengatakan, Abu Salam salah satu orang yang sangat berjasa terhadap perjuangan Aceh. Oleh karena itu, katanya lagi, hatinya terpanggil setelah melihat postingan di Facebook tentang dirinya menginginkan kursi roda.
“Kita langsung berkoordinasi dengan tim untuk menjenguk langsung Abu Salam. Apalagi kondisi perekonomian keluarganya kian memprihatinkan di tengah pendemi Covid-19,” kata Haji Uma.

Dalam kunjungan tersebut, selain menyerahkan kursi roda, Haji Uma turut memberikan bantuan paket sembako kepada keluarganya.

“Mudah-mudahan dengan bantuan ini bisa meringankan beban dari keluarga Abu Salam,” kata Haji Uma lagi. []

Must Read

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here