Monas University Akan Bangun Kampusnya di Indonesia

TEMPIAS.ID | Jakarta – Monash University rencananya akan dibangun kampus di Indonesia. Univeristas ternama asal Australia ini menjadi universitas asing pertama hadir di tanah air. Izin pendiriannya telah dikantongi pasca kunjungan Presiden Jokowi ke negeri itu pada Sabtu (8/2) kemarin. Tak berselang lama dari kebijakan pendidikan tinggi Mendikbud Nadiem Makarim tentang Kampus Merdeka.

Dikutip laman TEMPO, kampus Monash Indonesia baru sebatas disebutkan berada di Jakarta. “Akan membuka kelas pasca sarjana, menawarkan gelar Master dan PhD, serta program eksekutif dan kredensial mikro,” bunyi keterangan itu.

Dalam keterangan tertulisnya, kampus baru disebutkan berbasis penelitian intensif beserta kemitraan dengan industri dan berjalan dengan dukungan penuh dari pemerintah Indonesia dan Australia. Secara khusus, Monash Indonesia juga akan memfasilitasi pertukaran mahasiswa dan sarjana secara dua arah, sekaligus dalam hal inovasi ide dan teknologi.

“Monash memiliki sejarah panjang dalam hubungannya dengan Indonesia dan berkeinginan untuk membangun hubungan yang lebih dalam dengan komunitas yang berkembang dan inovatif dengan ambisi besar untuk pendidikan dan penelitian,” kata President and Vice-Chancellor Monash University, Profesor Margaret Gardner AC, dalam keterangan tertulis itu.

Menurutnya, kehadiran kampus Monash University merupakan simbol komitmen Monash untuk Indonesia dan wilayah Asia yang lebih luas. Selain itu, adanya kerjasama dalam hubungan penelitian dan pendidikan yang lebih kuat antara Indonesia dan Australia,” katanya menambahkan.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, Nadiem Makarim dalam pernyataan yang menyertai keterangan yang sama, mengaku sangat senang Monash University akan mendirikan cabang kampus di Indonesia.

Menurutnya, kehadiran kampus ternama itu akan membantu mempercepat penguatan sistem pendidikan nasional.

“Kemitraan ini akan menjadi yang pertama dari banyak kemitraan lainnya yang akan datang,” kata Nadiem Makarim yang juga lulusan Harvard University tersebut.

Selain itu, Monash Indonesia berkomitmen memberikan kontribusi yang kuat dan unik dalam perkembangan sosial, ekonomi dan teknologi Indonesia. Melalui kampus baru ini, diharapkan akan menghasilkan keahlian dalam bidang keilmuan yang sedang populer seperti keilmuan data, teknologi digital, infrastruktur, perencanaan kota, industri kreatif, kewirausahaan dan sistem kesehatan publik.

Dengan mendirikan kampus di Jakarta, Monash University semakin memperkuat komitmennya sebagai universitas yang global. Sebelumnya telah berdiri Universitas Monash Malaysia, serta kampus-kampus mitra lainnya di Suzhou dengan SouthEast University dan Mumbai dengan Indian Institute of Technology Bombay.

Monash Indonesia rencananya akan memulai program eksekutif singkat akhir tahun ini dan mulai menerima kelas mahasiswa pascasarjana angkatan pertamanya pada kuartal empat tahun 2021. Mahasiswa yang menempuh pendidikan di kampus tersebut akan mendapat gelar dari Monash University serta mendapat peluang untuk kolaborasi untuk riset dan mobilitas antar kampus selama menempuh studi. []

Must Read

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here