Beranda News MPU Aceh Nyatakan Pengurusan Jenazah Terpapar Corona harus Ikut Aturan Pemerintah

MPU Aceh Nyatakan Pengurusan Jenazah Terpapar Corona harus Ikut Aturan Pemerintah

- Advertisement -

TEMPIAS.ID | Banda Aceh- Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh menyatakan, pengurusan jenazah pasien berstatus positif maupun suspek virus harus mengikuti prosedur medis. Hal ini sebagaimana ketentuan petunjuk protokol medis yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Keputusan tersebut ditetapkan dalam Taushiyah MPU Aceh Nomor 3 Tahun 2020 tentang penanganan pasien wabah penyakit.

“Pelaksanaan fardhu kifayah terhadap jenazah yang meninggal karena wabah Covid-19 akan tetap dilaksanakan. Pelaksanaannya harus menyesuaikan petunjuk medis yang telah ditetapkan pemerintah,” kata Kepala Sekretariat MPU Aceh, Tgk Murni.

Menurutnya, semua proses pengurusan jenazah Covid 19 akan ditangani oleh pihak pemerintah melalui petugas yang ditunjuk. Begitu juga dengan proses pemakamannya.

Oleh karena itu, kata Tgk Murni, MPU Aceh meminta Pemerintah Aceh dan Pemerintah kabupaten/kota agar menyediakan alat pelindung diri (APD) yang lengkap bagi semua petugas medis. Selain itu, petugas tajhiz mayat dan petugas lainnya yang diberi wewenang untuk mengurus jenazah pasien Covid-19.

“Keluarga pasien dan masyarakat kita harapkan mematuhi seluruh prosedur kesehatan yang telah ditetapkan. Hal ini dilakukan demi kemaslahatan bersama,” kata Tgk Murni.

Selain itu, MPU Aceh juga mengeluarkan fatwa bagi para petugas medis yang menangani pasien virus corona. Fatwa tersebut memberikan kemudahan bagi petugas medis dalam menunaikan kewajiban ibadahnya.

“Bagi tenaga medis yang menangani kasus pasien wabah penyakit Covid 19 yang tidak memenuhi syarat dan rukun shalat dengan sempurna, maka boleh melaksanakan shalat hormat waktu,” kata Tgk Murni. [ ]

- Advertisement -
- Advertisement -

Stay Connected

16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan

Must Read

- Advertisement -

Related News

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here