Pendemi Covid-19, Kapal Asing Minta Berlabuh Tertahan di Laut Calang

TEMPIAS.ID | Calang – Sebuah kapal asing dikabarkan masih bertahan di laut Calang, Aceh Jaya, Rabu (8/4). Kapal asing bernama MV.New Lucky II berbendera Majuro ini awalnya meminta izin untuk bersandar ke Pelabuhan Calang.

Pihak kapal asing tersebut dikabarkan meminta otoritas pelabuhan untuk melakukan pengisian ulang air tawar. Ini dikarenakan persediaan air bersih di kapal tersebut sudah tidak mencukupi lagi untuk kebutuhan Anak Buah Kapal (ABK).

Hal ini sebagaimana Surat Permohonan Sandar untuk Suplai Air Tawar dengan nomor : 063/TRL-CLG/IV/2020. Surat tersebut ditujukan kepada Kepala Kantor UPP Calang pada 7 April 2020.

Syahbandar Pelabuhan Calang, melalui Pejabat Pembuat Komitmen Pelabuhan Calang, Azwana Amru Harahap mengatakan, pihaknya sudah menerima surat permohonan kapal bersandar untuk suplai air tawar dari pihak keagenan kapal.

“Iya benar, suratnya sudah kita terima, namun kita juga belum bisa ambil keputusan karena harus disampaikan dulu kepimpinan. Kita juga harus koordinasi lagi dengan pihak Pemkab Aceh Jaya lagi,” kata Azwana Amru Harapan kepada awak media.

Selain itu, kata Amru, bukan saja kehabisan persediaan air tawar, namun stok bahan pangan mereka mereka dikabarkan juga sudah menipis. Apalagi mereka sudah hampir sebulan di dalam kapal.

“Ya wajar, stok pangan dan air tawar mereka habis, karena dari China kesini aja udah memakan waktu 14 hari, disini lagi udah 12 hari,” kata Amru.

Ia menambahkan kalau memang sudah sangat mendesak kebutuhan pangan bisa diantar pakai boat ke kapal. Sementara, stok air tawar masih belum bisa dikerahkan kesana.

“Kalau kebutuhan pangan bisa kita antar ke kapal tapi kalau kebutuhan air tawar tidak bisa,” ujar Amru. []

Laporan : Zahlul Akbar

Must Read

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here