Perangi Covid-19, AHY Ajak Pemerintah Lockdown Jangka Pendek

TEMPIAS.ID | Jakarta – Partai Demokrat mengeluarkan enam rekomendasi untuk Pemerintah Indonesia dalam menangani kasus corona atau Covid-19. Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyampaikan,  pemerintah harus tegas untuk memerangi penyebaran Covid-19 yang kian mengancam nyawa rakyat Indonesia.

Sehingga sangat berpotensi besar untuk memprorakporandakan kehidupan masyarakat, berbangsa dan bernegara, khususnya terhadap fondasi sosial dan ekonomi negara.

“Di Indonesia, jumlah pasien positif Corona terus mengalami peningkatan signifikan. beradasarkan data per 19 Maret 2020 kemarin. Setidaknya teridentifikasi 309 pasien berstatus positif dan diperkirakan masih akan bertambah karena kemungkinan masih banyak yang under diagnosis,” tulis Ketua Umum Partai Demokrar, Agus Harimurthi Yudhoyono dalam pers rilis yang dikirimkan oleh anggota DPR RI asal Aceh, Teuku Riefky Harsya kepada TEMPIAS.ID, Jumat (20/3).

AHY menjelaskan, merebaknya virus corona kian mengejutkan. Apalagi Indonesia disebut sebagai negara dengan persentase kematian tertinggi, yakni mencapai 8,37 persen. Angka ini cukup fantastis, sehingga melebihi Italia yang hanya 8,34 persen. Oleh karena itu, salah satu rekomendasi yang diajukan AHY adalah dengan melakukan lockdown jangka pendek.

“Melakukan lockdown dalam jangka pendek, terutama di kota-kota yang paling berat terinfeksi corona. Sampai dianggap aman dan dibuka kembali,” kata AHY.

Menurutnya, Pemerintah Indonesia untuk sementara harus membatasi pergerakan manusia dan menutup arus manusia keluar dan ke dalam sebuah wilayah. Kendati demikian, pemerintah harus tetap menjaga pasokan arus barang, teruma bahan-bahan pokok sebagai kebutuhan hidup manusia.

“Lockdown pasti akan berdampak pada ekonomi, tapi keselamatan manusia dan masyarakat adalah yang pertama dan utama,” tegas AHY. []

Tinggalkan komentar