Peras Sejumlah Keuchik, Tiga Oknum KPK Gadungan Ditangkap

 TEMPIAS.ID | Bireuen РTiga oknum yang mengatasnamakan penggiat LSM anti korupsi diamankan warga pada Minggu (5/7/2020) malam. Pasalnya, ketiga oknum yang mengatasnamakan lembaga KPK Dewan Teritorial Provinsi Aceh kerap meresahkan warga. Mereka kerap menakut-nakuti keuchik dan meminta sejumlah uang. Ketiga pelaku tersebut berinisial MZ (35), warga Duson Barat Gampong Buket Padang, kecamatan Tanah Jambo Aye, Aceh Utara, MI (45), warga Duson Teungoh, Gampong Meunasah Dayah, Kecamatan Tanah Jambo Aye, Aceh Utara dan MS (47), warga Duson Keutapang Gampong Keutapang, Kecamatan Tanah Pasir, Aceh Utara.

Modusnya, ketiganya mengaku sebagai anggota KPK dari Aceh Utara.  Modus yang dilakukan ketiga adlaah mendatangi sejumlah keuchik dengan alasan ingin mengaudit dana gampong. Sejak Sabtu (4/7/2020) kemarin, ketiga mendatangi sejumlah keuchik di Kecamatan Juli, Bireuen. Selain menanyakan berbagai persoalan menyangkut dana gampong, mereka juga meminta sejumlah uang. Alasannya, uang tersebut sebagai bantuan operasional mereka untuk berangkat ke kota Banda Aceh.

“Karena aksi mereka semakin meresahkan, akhirnya warga kemudian berkoordinasi dengan polisi untuk menjebaknya,” kata Hamdani, warga Kecamatan Juli ketika dikonfirmasi via telepon seluler, Senin (6/7/2020).

Berkat dukungan warga dan petugas kepolisian, ketiga oknum tersebut berhasil diamankan warga dan kemudian diserahkan ke Mapolsek Kota Juang. Berdasarkan keterangan sejumlah geuchik, pelaku kerap bertandang ke kediaman mereka untuk menanyakan perihal transparansi penyaluran dana gampong. Bahkan, aksi mereka sudah berlangsung sejak bulan ramadhan lalu. Alasannya, mereka ingin mendatai proses transparansi dana gampong dan dana BLT.

“Tapi ujung-ujungnya mereka minta sejumlah uang dari sejumlah geuchik. Bahkan ada sebagian keuchik yang sudah memberikannya,” katanya lagi.

Akhirnya, ketiga pelaku berhasil diamankan di kawasan Simpang Empat, tepatnya di depan kantor BRI cabang Bireuen. Hingga berita ini diturunkan, masih belum diperoleh keterangan resmi dari pihak kepolisian. []

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img
spot_img

Hot Topics

Related Articles