Pesawat TNI AU Ditembak di Papua

TEMPIAS.ID | Jakarta – Satu unit pesawat milik TNI Angkatan Udara (AU) ditembaki orang tak dikenal (OTK). Pesawat jenis CASA CN A-2909 ini ditembak saat hendak mendarat di Oksibil, Pegunungan Bintang, Papua pada Senin (23/3). Pesawat tersebut sedang dalam tugas mengangkut bantuan logistik dan membantu pembangunan pemerintah daerah Oksibil.

“Benar adanya. Tidak ada korban, pesawat saja. Hanya ditemukan adanya bekas tembakan,” ujar Danlanud Silas Papare, Marsma TNI Tri Bowo Budi Santoso.

Menurutnya, penembakan itu terjadi ketika pesawat hendak mendarat di Oksibil setelah melakukan perjalanan dari Sentani, Jayapura, Papua. Bekas tembakan terjadi di bagian sayap, badan dan pintu roda bagian depan pesawat. Pihak TNI juga akan menyelidiki penembakan tersebut dengan peristiwa jatuhnya Helikopter jenis MI-17 pada Juni 2019 lalu.

“Apakah senjata api yang digunakan berasal dari helikopter MI 17 yang jatuh dalam penerbangan Oksibil-Sentani,” kata Tri Bowo.

Seperti diketahui, helikopter MI-17 yang mengakut 12 kru dan penumpang dengan 11 pucuk senjata api berbagai jenis jatuh di wilayah kabupaten Pegunungan Bintang. Saat dievakuasi jenazah, 11 pucuk senjata api tidak ditemukan di lokasi dekat puing helikopter. Senjata api tersebut diduga telah diambil oleh masyarakat.

Kapendam XVII Cenderawasih Kol CPL Eko Daryanto mengaku, belum bisa memastikan apakah senjata api yang digunakan berasal dari reruntuhan helikopter MI 17 atau tidak.

“Masih butuh penyelidikan intensif untuk memastikannya,” kata Kol CPL Eko Daryanto. [ ]

Sumber : CNN Indonesia

Must Read

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here