Beranda News Petinggi GAM Akan Ke Thailand Bantu Bebaskan Nelayan Aceh

Petinggi GAM Akan Ke Thailand Bantu Bebaskan Nelayan Aceh

- Advertisement -

TEMPIAS.ID | Banda Aceh – Petinggi Gerakan Aceh Merdeka (GAM) dijadwalkan akan bertemu dengan Panglima Angkatan Darat (AD) Kerajaan Thailand guna membahas terkait 32 Aceh yang ditahan.

Hal ini disampaikan Juru Bicara Komite Peralihan(KPA), Azhari Cage. Adapun  elit GAM tersebut adalah Wali Nanggroe, Malik Mahmud Al Haytar dan Panglima GAM dan juga Ketua KPA, Muzakir Manaf alias Mualem.

Selama disana, pihaknya akan membahas kerja sama dan upaya proses pemulangan para nelayan.

“Dalam waktu dekat mereka akan ke Thailand. Doakan saja upaya Wali Nanggroe dan Mualem untuk kepulangan nelayan Aceh itu cepat tuntas. Sehingga mereka bisa kembali ke keluarganya di Aceh,” kata Azhari dikutip kumparan Kamis (20/2).

Azhari Cage mengatakan, Panglima Angkatan Darat Thailand, General Apirat Kongsompong, melalui utusannya sudah memberikan undangan kepada Wali Nanggroe dan Panglima GAM agar keduanya bisa datang ke Thailand. Adapun surat undangan diserahkan saat mereka bertemu di Jakarta beberapa waktu lalu.

“Dalam pertemuan tersebut, utusan Panglima AD Thailand di Jakarta, juga membahas terkait pembebasan nelayan Aceh di Thailand. Serta perihal perdamaian Aceh dan investasi ekonomi,” kata Azhari Cage.

Menurutnya, pihaknya akan mengupayakan segala cara agar para nelayan itu bisa dibebaskan dan kembali kampung halamannya.

“Mualem dan Wali Nanggroe berjanji akan mengupayakan secepatnya tentang pemulangan nelayan Aceh di sana,” kata Azhari Cage.

Sebelumnya diberitakan, dua kapal nelayan Aceh Timur, KM Perkasa Mahera dan KM Voltus, terseret arus hingga hanyut ke perairan Thailand pada Selasa (21/1) lalu.

Akibatnya, sebanyak 32 nelayan yang ada di dua kapal itu ditahan oleh pihak otoritas keamanan Thailand. Para nelayan itu ditangkap karena diduga telah memasuki wilayah laut Thailand tanpa izin. [ ]

- Advertisement -
- Advertisement -

Stay Connected

16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan

Must Read

- Advertisement -

Related News

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here