Raifa dalam Dekapan Selembu, Novel Terbaru dari Bandar Publishing

Raifa dalam Dekapan Selembu, sebuah novel terbaru dari Boy Abdaz, terbitan Bandar Publishing bercerita tentang hutan. Novel ini dicetak pertama kali pada Mei 2021 dan sudah mulai diedarkan ke toko-toko buku di Aceh dan Sumatera Utara.

Novel ini mengajak kita untuk merenungkan kembali peran kita terhadap lingkungan khususnya hutan yang menyediakan berbagai macam sumber hayati. Hutan selama ini menjadi korban korporasi, oknum dan anasir di lingkaran kebijakan yang dampaknya sangat mempengaruhi keseimbangan hutan yang pada akhirnya juga bermakna bagi keseimbangan kehidupan manusia dan satwa.

Alur cerita diperankan tokoh Raifa, seorang gadis remaja yang menjadikan hutan sebagai sahabat. Dia mempunyai interaksi yang kuat dengan hutan di sekelilingnya, sehingga ia seperti tidak asing bagi siapapun, seperti ada unsur-unsur yang sama dengan alam terpapar di auranya.

Raifa pada akhirnya menemukan jalannya sendiri ketika tergabung dalam beberapa komunitas peduli lingkungan yang dapat mengaktualisasikan kedekatannya dengan hutan yang dibantu Meutia, seorang aktifis lingkungan yang masih saudara ayahnya. Raifa berhasil pada beberapa pencapaian, penghargaan sampai menjadi Duta Hutan, ketika hampir bersamaan ia juga menerima surat balasan dari Presiden!

Novel ini juga tidak luput dari konflik batin ketika Raifa melewati masa-masa pahit kehilangan orang tuanya dalam musibah banjir akibat keseimbangan Selembu yang terusik. Selembu adalah sebuah kawasan pegunungan yang menjadi bagian dari ekosistem di wilayah yang dilindungi di Syah Alam, tempat Raifa dan keluarganya hidup dan bersosialisasi.

“Kita mulai melupakan kebutuhan kita sendiri. Mungkin karena alam menyediakannya secara gratis, itu menjadi seperti tidak bermakna,” ujar Boy Abdaz. Ia berharap novel ini dapat menjadi bagian terkecil dari upaya-upaya untuk kembali melihat alam dengan bijak.
“Ini isunya agak unik, tapi harapan saya ini mampu membuka ruang bagi kita untuk melihat hutan secara bijak. Dan remaja disarankan baca ini, agar mereka memahaminya lebih awal, jadi bisa untuk pencegahan”, tambahnya.

Raifa merupakan buku ketiga Boy Abdaz, tahun 2009 ia meluncurkan sebuah Novel berjudul Jejak Damai Aceh [Pergulatan Batin Aneuk Aceh] dan Proses Damai Aceh: Model Resolusi Konflik di Indonesia dirilis pada 2015 sebagai rangkuman peristiwa yang terjadi pada saat proses damai Aceh ditengahi pihak internasional.

Novel Raifa dalam Dekapan Selembu layak dibaca semua usia dan tata bahasanya telah melalui meja editor Aceh yang paling kritis secara kebahasaan saat ini, Ihan Sunrise. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar