Soal Banjir dan Longsor di Aceh Tengah, Muslim Ajak Reboisasi Kembali Hutan Gundul

TEMPIAS.ID | Jakarta – Anggota DPR RI asal Aceh, Muslim mengatakan, bencana banjir yang melanda wilayah Kabupaten Aceh Tengah dan Bener Meriah harus dicegah mulai dari hulu dengan melaksanakan konservasi ekosistem.

Politisi Partai Demokrat ini menjelaskan, keberadaan hutan di wilayah Daratan Tinggi Gayo tersebut perlu dijaga keseimbangan ekosistem. Pasalnya, kekayaan sumber daya alam yang terkandung di dalam hutan wilayah tengah merupakan resources penting dan utama dari siklus kehidupan.

“Kita turut berbelasungkawa atas musibah yang menimpa saudara kita di Kabupaten Aceh Tengah dan Bener Meriah. Alhamdulillah sejak musibah terjadi pada Rabu (13/5) kemarin, Partai Demokrat bertindak cepat dan responsif untuk membantu saudara kita disana,” kata anggota DPR RI asal Aceh, Muslim saat dikonfirmasi TEMPIAS.ID via telepon seluler, Jumat (15/5) malam.

Anggota Komisi IV DPR RI Dapil Aceh 2 ini mengatakan, saat ini banyak hutan di kawasan Aceh Tengah dan Bener Meriah yang sudah gundul sehingga rawan terjadinya bencana. Ia turut mengajak semua stakeholder agar terus merawat dan menjaga ekosistem hutan di Aceh sehingga musibah banjir dan longsor semakin berkurang. Menurutnya, kontribusi Pemerintah Kabupaten bersama masyarakat sangatlah penting dalam menyampaikan pentingnya kearifan lokal dalam pengelolaan hutan.

“Penggabungan nilai-nilai tradisi dengan kearifan lokal merupakan satu pendekatan yang perlu lebih diutamakan mengingat tingkat keberhasilan yang jauh lebih optimal. Artinya, masyarakat juga diberikan pemahaman edukatif untuk bersama-sama menjaga kelestarian hutan,” kata Muslim.

Legislator Partai Demokrat ini juga mengaku siap membantu masyarakat setempat dengan berkonsultasi dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. Salah satunya membantu menyediakan bibit tanaman dan sekaligus reboisasi kembali hutan yang gundul.

“Insya Allah saya siap membantu melakukan mediasi ini untuk menyediakan bantuan bagi masyarakat. Contohnya melakukan penghijuan kembali hutan yang gundul dengan ditanami tanaman keras dan produktif sehingga bermanfaat bagi masyarakat,” kata Muslim lagi. []

Must Read

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here