Beranda News Tangani Gajah Liar di Tangse, Ini Solusi Pemkab Pidie

Tangani Gajah Liar di Tangse, Ini Solusi Pemkab Pidie

- Advertisement -

TEMPIAS.ID | Pidie – Penanganan kawanan gajah liar yang acap masuk dan merusak pemukiman warga di Kecamatan Tangse direspon positif oleh Pemkab Pidie. Wakil Bupati Pidie, Fadhlullah TM Daud mengatakan, dirinya akan menindaklanjuti secara komprehensif. Sehingga kawanan mamalia bertubuh besar tersebut dapat digiring kembali ke habitatnya.

“Setelah peroleh informasi warga desa Beungga, Tangse kemarin. Hari ini kita sudah mengerahkan tim yang dikomandoi oleh asisten II untuk meninjau kesana,” kata Wakil Bupati Pidie, Fadhlullah TM Daud kepada TEMPIAS.ID, Senin (9/3).

Baca : Puluhan Gajah Liar Kembali Rusak Tanaman Warga di Tangse

Menurutnya, persolaan gajah ini harus mendapat respon serius dari Pemerintah Aceh maupun Pemerintah Pusat. Dalam hal ini, ada beberapa tahapan untuk menangangi persoalan gajah liar di Kabupaten Pidie. Mulai dari proses jangka pendek berupa pengerahan tim pawang gajah dan dibekali mercon untuk menggiring kembali gajah ke alam liar. Kemudian proses jangka panjangnya adalah perlu dibangun barrier sebagai jalan lintas khusus gajah liar di kaki gunung. Sehingga akan membatasi langkah kawanan gajah liar untuk kembali turun ke pemukiman warga.

“Proses jangka panjang inilah butuh penanganan serius dari Pemerintah Aceh melalui BKSDA. Begitu juga pihak Pemerintah Pusat harus ikut merespon cepat terkait konflik gajah liar dengan warga. Bila perlu, Pemerintah Pusat mengerahkan tim untuk meninjau langsung ke lapangan dan bertemu masyarakat setempat,” kata Fadhlullah TM Daud.

Orang nomor dua di Pidie ini juga menambahkan, ada beberapa opsi dalam menangani persoalan gajah di Tangse. termasuk membangun kawasan agro wisata dan eko wisata dimana gajah agar berpotensi sebagai zona wisata.

“Ini yang sudah dilakukan oleh tim CRU di Tangkahan Sumatera Utara dan Lampung. Sehingga konflik gajah dan manusia semakin menurun. Begitu kepada warga masyarakat untuk menanam tanaman yang tidak disenangi gajah. Salah satunya tanaman kopi yang bisa tumbuh subur di pegunungan Tangse,” kata Fadhlullah TM Daud lagi. []

- Advertisement -
- Advertisement -

Stay Connected

16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan

Must Read

- Advertisement -

Related News

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here