Ulama Aceh Izinkan Warga Salat Idul Fitri 1441 H

TEMPIAS.ID | Banda Aceh – Masyarakat Aceh masih diizinkan untuk melaksanakan salat Idul Fotri 1441 Hijriah. Hal ini sesuai Tausiah Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh nomor 5 tahun 2020 terkait ibadah di bulan suci ramadhan. Wakil Ketua MPU Aceh, Tgk H. Faisal Ali mengatakan, MPU Aceh masih tetap berpegang pada tausiah nomor 5 tahun 2020 tersebut.

“Masih belum berubah. Kita tetap berpegang pada tausiah nomor 5 tahun 2020,” kata Wakil Ketua MPU Aceh, Tgk H. Faisal Ali kepada TEMPIAS.ID, Senin (18/5).

Lem Faisal-sapaan akrabnya mengatakan, masyarakat Aceh masih dibolehkan untuk melaksanakan salat Idul Fitri 1441 Hijriah karena kondisi Aceh masih stabil dari wabah corona. Selain itu, Provinsi Aceh juga masih belum menerapkan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Menurutnya, hingga saat ini kondisi Aceh masih terkendali sejak awal ramadhan hingga 21 hari. Sehingga, tausiah MPU Aceh nomor 5 tahun 2020 tersebut masih diberlakukan.

“Namun jika warga yang ingin melasanakan ibadah di masjid atau tempat terbuka, diharuskan memakai masker. Jika masih was-was, boleh dikerjakan di rumah masing-masing. Ini ibadah sunnah, sunnah dikerjakan dan sunnah dilaksanakan berjamaah,” kata Lem Faisal.

Ditanya soal Keputusan Menteri Agama terkait himbauan umat muslim melaksanakan salat id di rumah, Lem Faisal tak mempermasalahkannya. Pasalnya, katanya lagi, himbauan tersebut berlaku di provinsi yang kategori zona merah covid-19.

“Ini tidak bertentangan sama sekali dengan Keputusan Menteri Agama. Hanya saja, aturan itu masih belum berlaku di Aceh, karena Aceh masih zona aman dengan tingkat provinsi terendah covid-19,” kata Lem Faisal. []

Tinggalkan komentar